Bagaimana Mencuci Handuk Kotor dan Putih? Ini Dia!

Handuk sebenarnya tidak hanya saat kotor saja untuk dicuci. Namun handuk putih pun juga harus sesering mungkin untuk dicuci agar terjaga kebersihannya.

Nah, tapi Anda tahu jika cara untuk mencuci handuk kotor dan putih berbeda lho? Bagaimana bisa? Bisa saja! Ini dia tipsnya!


Pertama kita akan membahas tentang handuk kotor. Handuk yang kotor dan bernoda tentu memerlukan perawatan lebih khusus. Ini dia:

1. Cuci handuk yang terkena noda secepat mungkin! Karena jika noda yang dibiarkan menempel selama berhari-hari akan jauh lebih sulit untuk dihilangkan.

2. Cuci handuk menggunakan air hangat pada suhu berkisar antara 40 derajat dan 60 derajat. Pencucian dan pengeringan handuk pada suhu tinggi dapat menyebabkan kelembutan handuk berkurang dan merusak tekstur handuk.

3. Gunakan deterjen secukupnya.

4. Sebaiknya hindari penggunaan pelembut pakaian terlalu sering saat mencuci handuk, karena pelembut pakaian meninggalkan sejenis residu pada handuk yang akan menurun daya serapnya.

Nah itu dia merupakan cara untuk mencuci handuk kotor. It's time to change theme! Ini cara untuk mencuci handuk putih dengan benar.

1. Untuk mencuci handuk putih, cucilah dengan menggunakan air panas. 

2. Pakai pemutih secukupnya untuk bantu mengembalikan warna putih pada handuk, namun jangan menuangkan larutan pemutih langsung ke handuk yang akan dicuci. Beberapa mesin cuci modern biasanya sudah memiliki laci khusus, Anda dapat menaruhnya.

Jika Anda memiliki mesin cuci yang tidak dilengkapi laci untuk pemutih, ibu dapat menuangkan larutan pemutih di laci utama bersama dengan detejen.

3. Alternatif selain pemutih adalah menggunakan bubuk soda kue. Ibu bisa menambahkan setengah cangkir bubuk soda kue ke dalam laci deterjen untuk memulihkan handuk putih yang kusam menjadi cerah kembali.

4. Pastikan juga bagian dalam mesin cuci Ibu selalu dalam kondisi bersih. Terkadang handuk putih yang tidak kotor justru menjadi bernoda setelah dicuci karena tanpa Ibu sadari bagian dalam mesin cuci kotor atau berkarat.

Setelah proses pencucian, pastikan handuk telah benar-benar kering sebelum dilipat dan disimpan di dalam lemari. Melipat handuk yang masih lembap dan menyimpannya di dalam lemari menyebabkan bau apak pada handuk dan memperbesar kemungkinan pertumbuhan jamur.

Nah itu dia merupakan tips untuk mencuci handuk kotor dan putih dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Comments